Rabu, 04 Desember 2013

MANAJEMEN PENATAAN PASAR TERHADAP PEMASARAN DAN PROFITABILITAS PEDAGANG PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( STUDI KASUS PADA PASAR PAHING KARANGLEWAS )

A. Latar Belakang Masalah Pada era globalisasi dan modern ini, banyak hal yang bisa diakses dengan mudahnya. Dari mulai pembelian, sewa menyewa barang dan jasa, informasi tentang kehidupan yang jauh yang sebelumnya tidak terfikirkan untuk dilihat. Namun sekarang hal tersebut menjadi mungkin untuk dilihat. Di masa sekarang ini teknologi informasi sangat diminati oleh banyak kalangan dari yang muda hingga yang tua, begitu pula dengan akses mereka untuk dunia jual beli. Sekarang ini dunia yang memberikan kemudahan seolah menutup akan adanya dunia sebelumnya. Misalkan saja, jika dahulu seseorang ingin mengirimkan pesan terhadap keluarga mereka yang jauh membutuhkan merpati untuk bisa menyampaikan pesan mereka. Sekarang hal tersebut berubah menjadi instan dan mudah, hanya mengirimkan pesan singkat melalui telepon genggam pesan yang dikirim akan segera tersampaikan. Begitulah kehidupan pada masa modern ini. Perkembangan ekonomi juga melalui tahap yang sama, semakin kesini semakin mudah dan praktis. Pada zaman Rasulullah, beliau yang berdagang dari negeri satu ke negeri lainnya mendatangi tempat yang dinamakan pasar. Dalam pasar tersebut beliau menemui calon pembeli dan menawarkan barang dagangannya. Jika pasar adalah tempat dimana bertemunya penjual dan pembeli, sekarang ada hal yag lebih praktis hanya dengan mengirimkan pesan singkat barang yang dipesan dapat segera diantar. Oleh sebab itu kini pasar menjadi lebih mudah, tanpa harus bertatap muka barnag yang diinginkan akan segera datang. Dalam hal ini pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Dengan begitu pasar dapat disederhanakan sebagi tempat untuk bertemu. Dalam pengertian yang lain pula pasar dan lebih condong kearah yang modern dapat diartikan bahwa pembeli dan penjual tidak harus bertemu disuatu tempat untuk melakukan transaksi, tetapi cukup melalui sarana elektronik, seperti telepon, faximile, atau memalui internet. Di pengertian yang kedua ini memberikan sebuah pengertian yang sekarang ini kerap terjadi di era yang modern dan canggih. Pasar mungkin sebagian kecil dari aktifitas bisnis di dunia ini, namun peran pasar sangatlah besar untuk pertumbuhan perekonomian suatu bangsa. Pasar dapat dijumpai dimanapun kita berada, baik dalam bentuk yang masih tradisional bahkan modern. Pasar tradisional biasanya mereka menawarkan barang mereka pada suatu tempat dan menjajakannya sendiri juag dapat bertatap muka dengan calon pembelinya. Jika pasar yang modern mereka cenderung lebih profesional mulai dari penataan tempat, fasilitas kenyamanan pelanggan, pelayanan, tempat yang berpendingin ruangan dan bisa juga melalui media sosial yang akhir – akhir ini sering terjadi. Pasar akan menimbulkan daya tarik antara permintaan dan penawaran. Kedua hal tersebut dapat muncul ketika pembeli dan penjual memilki kepentingan yang berbeda. Jika seorang pembeli mereka akan mencari harga yang relatif murah dan kondisi dari barang bagus, sedangkan penjual akan mencari keuntungan dengan tingkat pesaing yang banyak untuk mendapatkan keuntungan dari barang yang dijual terhadap pelanggan yang bisa memberikan mereka lebih. Disinilah penjual dan pembeli dapat saling tawar – menawar dan mencari esepakatan harga jual yang sama – sama menguntungkan. Dalam pasar yang sebagai tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli juga ada yang disebut dengan pemasaran. Pemasaran dalam hal ini akan membantu bisnis pedagang untuk lebih memperluas jaringan dan perkenalan produk mereka terhadap calon pembelinya. Adapun pengertian pemasaran seperti yang dikemukakan oleh ahli pemasaran dunia yaitu Philip Kotler adalah “Suatu proses sosial dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.” Dengan kata lain pemasaran merupakan pemberian informasi yang dibutuhkan untuk memenuhi apa yang diinginkan oleh konsumen terhadap suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Selain pemasaran dan segala yang bersangkutan dengan pasar pada umumnya ada salah satu hal yang sangat penting. Hal tersebut merupakan tujuan yang sering difikirkan cara mendapatkannya yaitu keuntungan. Keuntungan atau laba ekonomi diartikan sebagai kekayaan yang bisa dikonsumsikan tanpa membuat pemilik kekayaan tersebut menjadi miskin. Oleh sebab itu tehnik untuk mendapatkan laba yang maksimal juga bergantung dari manajemen. Yang selanjutnya yang harus diperhatikan adalah sistem dari manajemennya. Manajemen disini sangat berpengaruh penting dalam penataan pasar serta mengenai pemasaran dan juga keuntungan dari penjualan di pasar. Manajemen merupakan sebuah proses yang khas, yang terdiri dari tindakan – tindakan perencanaan, pengorganisasian, menggerakan, dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran – sasaran yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber – sumber lainnya. Oleh sebab itu manajemen sangat dibutuhkan untuk menunjang penataan pasar dan segala aktivitas pasar. Dengan demikian dari pemaparan diatas penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul “ Manajemen Penataan Pasar Terhadap Pemasaran dan Profitabilitas Pedagang Perspektif Ekonomi Islam ( Studi Kasus Pada Pasar Pahing Karanglewas ) “. B. Rumusan Masalah Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam kajian penelitian ini adalah: Pertama, adakah pengaruh dari manajemen penataan pasar terhadap pemasaran pedagang di Pasar Pahing Karaglewas perspektif ekonomi islam?. Kedua, adakah pengaruh yang muncul setelah manajemen penataan pasar tersebut diberlakukan terhadap besarnya profitabilitas pedagang di Pasar Pahing Karanglewas perspektif ekonomi islam?. C. Metode Penelitian Sebagai panduan dalam penulisan skripsi yang akan dilakukan oleh penulis, maka metode yang akan digunakan adalah sebagai berikut: 1. Jenis Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan ini dilakukan dengan meneliti langsung masalah yang akan diteliti di lapangan. Dalam hal ini penulis melakukan penelusuran dan pengumpulan data-data melalui pengamatan secara langsung terhadap manajemen penataaan pasar yang dikaitkan dengan pemasaran dan profitabilitas pedagang perspektif ekonomi islam yang diberlakukan pada Pasar Pahing Karanglewas. 2. Lokasi penelitian Penelitian ini dilakukan di Pasar Pahing Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan pada surat ijin penelitian. 3. Sumber Data Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumber data oleh peneliti untuk tujuan tertentu. Data yang diperoleh untuk penelitian ini bersumber dari para informan, seperti Pimpinan Pengurus Pasar Pahing, staf pekerja dilingkungan Pasar Pahing dan para pelaku perdagangan dikomplek pasar. Data sekunder dari penelitian ini adalah data yang didapatkan dari berbagai literatur dan dokumen yang memiliki keterkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Sebagai data sekunder ada beberapa yaitu seperti profil dari Pasar Pahing Karanglewas, denah tata ruang pasar dan beberapa dokumen berkaitan tentang Pasar Pahing Karanglewas serta buku – buku yang berkaitan tentang manajemen penataan ruang, pemasaran dan buku mengenai pontensi keuntungan guna menunjang dan mendukung data penelitian ini. 4. Tehnik Pengumpulan Data a. Observasi Observasi adalah salah satu metode pengumpulan data secara sistematis dengan melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian. Tehnik yang digunakan penulis untuk penelitian ini yaitu melalui pengamatan dan pencatatan berbagai fenomena serta berbagai peristiwa yang terjadi berkaitan dengan apa yang menjadi fokus penelitian baik yang terjadi langsung maupun tidak langsung terhadap aktivitas pasar pada umumnya. b. Wawancara Metode wawancara ini digunakan untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan melalui jalan percakapan secara langsung dengan informan. Informan tersebut yang membantu kelancaran penelitian ini adalah Pimpinan Pengurus Pasar Pahing, staf pekerja dilingkungan Pasar Pahing dan para pelaku perdagangan dikomplek pasar. c. Dokumentasi Disamping kedua metode diatas peneliti juga menggunakan metode dokumentasi dalam mencari informasi berkaitan permasalahan tersebut dan memperoleh data yang nanti akan dibutuhkan peneliti. Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data-data penelitian dengan cara mencatat semua keterangan dari bahan-bahan penelitian berupa dokumen dan catatan yang ada relevansinya dengan penelitian. d. Kuisioner Kuisioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada responden untuk dijawabnya. Dengan begitu pengguna dapat mengetahui respon dari para pengisi kuisioner tersebut. 5. Analisis Data Penelitian ini akan menggunakan kerangka berfikir secara deduktif. Dengan kerangka berfikir inilah peneliti akan mengembangkan dari hal yang umum kepada masalah yang lebih spesifik lagi. Metode yang digunakan nantinya adalah metode penelitian kuantitatif yang dapat diartikan sebagai metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sample tertentu, tehnik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. DAFTAR PUSTAKA Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, ed. Rev. IV. Jakarta: Rineka Cipta, 1998. Ashofa, Burhan. Metodologi Penelitian Hukum. Jakarta: Rineka Cipta, 1998. Husnan, Suad. Manajemen Keuangan: Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). Ed. 4. Yogyakarta: BPFE, 1996. Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta: RajaGrafindo, 2011. Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001. Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Cet. Ke-15. Bandung: Alfabeta, 2010. Surakhmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito, 1994. Terry, George R. Asas – asas Manajemen, Terj. Winardi. Bandung : Alumni, 2010.

0 komentar:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►