ANALISIS
PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI
OLEH PEDAGANG PASAR PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
(Studi Pada
Pasar
Kliwon Karanglewas Banyumas Jawa Tengah)
Tyas Mustika
Rakhmawati
NIM.
102323001
E-mail: tyasmustikar@gmail.com
Jurusan Ekonomi Syari’ah
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Purwokerto
ABSTRAK
Informasi
akuntansi merupakan informasi yang diperlukan oleh seorang wirausaha dalam hal
ini adalah pedagang pasar guna mengelola bisnis mereka. Dan pedagang dalam hal
ini juga termasuk pengguna dari informasi akuntansi dalam konteks pemilik dan
penggerak bisnis. Informasi akuntansi memiliki tiga macam penggolongan yaitu
informasi akuntansi operasi, informasi akuntansi keuangan dan informasi
akuntansi manajemen. Tiga penggolongan dari informasi akuntansi tersebut
nantinya akan di analisis menggunakan analisis SWOT, yakni yang nantinya akan
memberikan strategi atau gambaran terhadap pedagang pasar mengenai kekuatan,
kelemahan, peluang dan tantangan dalam penggunaan informasi akuntansi. Namun
saat ini masih banyak pedagang pasar terutama pasar tradisional yang masih
minim pengetahuan tentang akuntansi sehingga banyak pedagang pasar yang tidak
melakukan pencatatan atas transaksi-transaksi mereka dengan baik. Hal tersebut
membuat informasi atas akuntansi tidak dihasilkan dengan baik pula.
Pada
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa tentang penggunaan
informasi yang digunakan oleh pedagang pasar di Pasar Kliwon Karanglewas serta
mengaitkannya dengan perspektif Ekonomi Islam juga guna memaparkan kekuatan,
kelemahan, peluang dan tantangan dari penggunaan informasi akuntansi oleh
pedagang pasar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research)
yang menggunakan analisis SWOT dan analisis Perspektif Ekonomi Islam melalui
pendekatan deskriptif kualitatif.
Hasil
penelitian tersebut menerangkan bahwa pertama, untuk analisis SWOT
menciptakan beberapa strategi berkaitan dengan penggunaan informasi akuntansi oleh
pedagang pasar yang menerangkan untuk pedagang di dorong untuk
mengoptimalisasi, memanfaatkan dan memperkuat beberapa aspek seperti sistem
pencatatan yang didukung oleh teknologi, kerjasama antar lembaga, peningkatan
zakat, infak dan sedekah, juga di berikan motivasi pada pemberdayaan sumber
daya manusia serta menyajikan informasi akuntansi yang bertanggungjawab
dikarenakan tantangan saat ini bukan hanya datang dari sesama pedagang pasar
tradisional juga datang dari pedagang yang berada di swalayan-swalayan modern. Kedua,
dilihat dari analisis perspektif Ekonomi Islam pedagang pasar telah memberikan
perlakuan yang tidak menyimpang dari ajaran agama Islam dalam hal pencatatan,
pemberian informasi terhadap konsumen dan pihak pengguna informasi lainnya serta
dapat mengkondisikan barang dagangan mereka dengan bijaksana.
Kata Kunci: Penggunaan Informasi Akuntansi, Analisis
SWOT, Perspektif Ekonomi Islam, Pedagang Pasar, Pasar Kliwon Karanglewas.
0 komentar:
Posting Komentar